Berita UtamaPenyelamatan

ULAR SANCA 3 METER DIEVAKUASI DAMKARMAT LAMPUNG SELATAN DI TANJUNG BINTANG

Tanjung Bintang, 15 Mei 2024

Tim Rescue Damkarmat Lampung Selatan Posko Tanjung Bintang saat melakukan evakuasi ular sanca di Desa Sinarogan, Jum’at (17/5/2024)

Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan (Damkarmat) Posko Tanjung Bintang berhasil mengevakuasi seekor ular Sanca yang berada di dalam rumah warga Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (17/5/2024) sekira pukul 01.20 WIB.

Anggota Piket Posko Tanjung Bintang menerima laporan dari Bapak Sutiman pukul 00.30 WIB untuk meminta bantuan mengevakuasi ular Sanca yang berada di dalam rumahnya di Dusun Sidomulyo. Desa Sinarogan,  Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (17/5/2024) Ular tersebut akan memangsa hewan ternak ayam di kandang miliknya. Kemudian, Anggota langsung bergerak untuk mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk evakuasi seperti Grab Stik, Sarung tangan & helm dan menuju lokasi.

Tim Rescue Damkarmat Posko Tanjung Bintang yang bertugas terdiri dari dua personil  yaitu M. Syahidin dan Reno Hardian menuju ke lokasi evakuasi. Sesampainya di lokasi evakuasi pukul 00.45 WIB, dengan penuh kehati-hatian, tim rescue Damakarmat Posko Tanjung Bintang akhirnya berhasil mengevakuasi ular Sanca tersebut pukul 01.20 WIB.

Meskipun ular sanca tidak berbisa, ular sanca merupakan makhluk yang kuat dan mematikan bagi mangsa mereka karena kemampuan konstriksinya yang efektif. Namun, bagi manusia, gigitan ular ini mungkin masih dapat menyebabkan luka gigitan yang perlu dirawat, meskipun tidak mengandung racun berbisa, tetapi karena ukurannya yang panjang dan berada di dalam rumah membuat penghuni rumah menjadi GADUH dan merasa takut dan kawatir atas keberadaan ular tersebut.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, S.Sos menghimbau kepada masyarakat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar menghindari ular masuk kedalam rumah, diantaranya adalah :

  1. Hindari menumpuk-numpuk barang yang menyebabkan kondisi menjadi lembab dan gelap khususnya di halaman dan sudut-sudut rumah.
  2. Membersihkan rumah dan memberikan aroma wangi akan mencegah ular masuk rumah.
  3. Tutup celah-celah yang memungkinkan ular masuk kedalam rumah

Apabila ular terlanjur masuk kedalam rumah, usahakan tidak panik, lanjut Sefri.

Segera hubungi call center Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan di 0822.7951.3682 tutupnya.

Ular Sawah yang dievakuasi dari Rumah Bapak Sutiman di Desa Sinarogan untuk sementara dibawa ke Damkar Posko Tanjung Bintang. (HAY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Kami?