Berita UtamaPemberdayaan MasyarakatPencegahan

SOSIALISASI PEMBENTUKAN DAN PEMBINAAN RELAWAN PEMADAM KEBAKARAN (BALAKAR) KECAMATAN CANDIPURO OLEH BIDANG PENCEGAHAN DINAS DAMKARMAT LAMPUNG SELATAN

Candipuro, 15 Mei 2024

Anggota Balakar Kecamatan Candipuro sedang praktek cara padamkan api bersumber kebocoran regulator tabung gas, Rabu (15/5/2024)

Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan  melaksanakan kegiatan sosialisasi Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) di Aula Desa Titiwangi Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (15/5/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Damkarmat Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, S.Sos, didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan, Wahyu Hidayat, SH., MH serta Kasie Peningkatan Aparatur, Ahmad Rizani, SE dan Staf Bidang Pencegahan, Yus Baimbang B, SKM., MKM., MH, Nurlela, Suherman, SH dan Juliana.

Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Candipuro, Ahmad Solatan, SE, Forkomincam Kecamatan Candipuro, Kepala Desa Titiwangi, Sumari beserta peserta sosialisasi yang terdiri dari Kepala Desa sekecamatan Candipuro.

Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) adalah suatu organisasi sosial berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran, dibentuk secara nasional dari, oleh dan untuk warga masyarakat di lingkungan Desa/Kelurahan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Damkarmat, menyampaikan bahwa anggota Balakar, tentunya di harapkan menjadi mata dan telinga, sekaligus sebagai ujung tombak penanggulangan kebakaran, dan dapat memberikan edukasi serta sosialisasi pecegahan bahaya kebakaran kepada masyarakat yang akan dibekali dengan ilmu, terkait pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran.

Selain diberikan Rompi Balakar secara Simbolis kepada Kepala Desa Titiwangi juga diberikan materi terkait pencegahan bahaya kebakaran serta praktek cara memadamkan api oleh Tim Bidang Pencegahan yang dipimpin oleh Kasie Peningkatan Aparatur, Ahmad Rizani, SE. (HAY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Kami?