Berita UtamaPemberdayaan Masyarakat

SOSIALISASI INOVASI HANBARGA PADA ANGGOTA PKK KECAMATAN KETIBUNG OLEH BIDANG PENCEGAHAN DINAS DAMKARMAT LAMPUNG SELATAN

Kalianda, 27 Februari 2024

Sosialisasi Inovasi Hanbarga DInas Damkarmat Lampung Selatan di Desa Tanjungan, Selasa (27/2/2024)

Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan  melaksankan kegiatan sosialisasi Pencegahan Kebakaran Dalam Rumah Tangga (Hanbarga) di Aula Desa Tanjungan Kecamatan Ketibung Kabupaten Lampung Selatan, Selasa siang (27/2/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan, Abidin, SE., MM, didampingi oleh Kasie Pencegahan dan Inspeksi, Octofiansyah, SE dan Kasie Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat, Ahmad Rizani, SE beserta Staf Bidang Pencegahan, Yus Baimbang, Raden Agus Rahmad, Sri Ayu Ramadenti, Nurlela dan Desi.

Dalam sosialisasi ini di hadiri oleh ibu-ibu Penggerak PKK se-Kecamatan Ketibung yang juga di hadiri oleh Sekretaris Kecamatan Ketibung dan Sekretaris Desa Tanjungan.

Inovasi Hanbarga adalah adalah Inovasi yang berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran. Yang tugasnya adalah sebagai perpanjangan tangan untuk menangani lebih dini kejadian kebakaran sebelum tim dari Dinas Damkar sampai ke lokasi kejadian.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Damkarmat yang dalam hal ini di wakili oleh Kabid Pencegahan, menyampaikan bahwa ibu-ibu sebagai anggota PKK, tentunya di harapkan menjadi mata dan telinga, sekaligus sebagai ujung tombak penanggulangan kebakaran, dan dapat memberikan edukasi serta sosialisasi pecegahan bahaya kebakaran kepada masyarakat yang akan dibekali dengan ilmu, terkait pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran.

Selain diberikan materi terkait pencegahan bahaya kebakaran dalam rumah tangga oleh Bapak Abidin juga akan di berikan praktek cara memadamkan api kecil secara manual maupun menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh Tim Bidang Pencegahan yang dipimpin oleh Kasie Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat, Ahmad Rizani, SE. (HAY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Kami?