Berita UtamaPemberdayaan MasyarakatPencegahan

CEGAH DBD DAN CHIKUNGUNYA, DAMKAR BERSAMA DINAS KESEHATAN DAN UPT PUSKESMAS WAY URANG LAKUKAN PENYULUHAN DAN FOGGING

Kalianda, 29 Januari 2024

Anggota Damkar Posko Kalianda bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan dan UPT Puskesmas Way Urang melakukan Penyuluhan Edukasi Pencegahan DBD dan Chikungunya di TK Masjid Agung Kalianda, Senin (29/1/2024)

Anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan (Damkar) beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan dan UPT Puskesmas Way Urang melakukan Penyuluhan Edukasi Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya di Kalianda, Senin (29/1/2024).

Kegiatan Penyuluhan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Ruli Fikriansyah, SE., MM, tempat di laksankannya penyuluhan adalah di TK Masjid Agung Dan TK Al Multazam, dimulai pukul 13.00 WIB dan selesai pukul 14.40 WIB. Selain melaksanakan penyuluhan kegiatan ini juga melakukan fogging untuk memberantas penyebaran nyamuk Aedes aegypti yang menjadi pembawa penyakit DBD dan chikungunya dalam upaya tindakan preventif dan promotif fogging dikarenakan memasuki musim pancaroba.

DBD dan Chikungunya disebarkan oleh nyamuk yang sama yaitu nyamuk Aedes aegypti, di Lampung Selatan penyakit ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat.

Dengan melakukan kegiatan penyuluhan dan edukasi tentang penyakit DBD dan Chikungunya diharapkan Pengetahuan masyarakat akan bertambah, hal ini sangat mempengaruhi upaya pencegahan penularan DBD dan Chikungunya.

Kegiatan Penyuluhan dan edukasi dilakukan dengan penyebarluasan informasi kesehatan mengenai Penyakit DBD dan Chikungunya yang di fasilitasi dengan media leaflet dengan tujuan peningkatan pengetahuan masyarakat agar tau, mau dan mampu untuk melakukan langkah pencegahan penularan penyakit DBD dan Chikungunya secara mandiri.

Ikut dalam kegiatan ini yaitu tim Damkar Posko Kalianda yang beranggotakan Nasrudin (Kasie), Samin (Danru), Zulkarnain, Doni Damara, Aditya PS, Hengki TD, Suhendar, Septa dan Ariyandi serta dari Dinas Kesehatan Dan UPT Puskesmas Way Urang yaitu Serli Dan Merza. (HAY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Kami?