Tim Rescue Damkar Dan Penyelamatan Lampung Selatan Berhasil Evakuasi Sarang Lebah Vespa

Kalianda, Diskominfo Lamsel- Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan melakukan evakuasi sarang lebah jenis Vespa di dua tempat yang berbeda, Senin malam (09/01/2023).

Pertama, evakuasi lebah yang bersarang pada pohon Jambu Jamaika yang berada di lingkungan kantor Dinas PU Lampung Selatan sekitar pukul 18.25 WIB dan selesai sekitar pukul 19.10 WIB. Sedangkan kedua, evakuasi lebah yang bersarang di kediaman ibu Masinem (54) Warga Dusun Kebun Agung, Desa Taman Agung, Kecamatan Kalianda, dilakukan sekitar pukul 20.30 WIB.

Menurut keterangan Kabid Damkar dan Penyelamatan, Ruli Fikriyansyah, sejauh ini belum ada laporan korban sengatan lebah dilingkungan Kantor Dinas PU. Namun, keberadaan lebah yang bersarang di lingkungan kantor, membuat para karyawan kurang merasa nyaman. Terlebih, besaran sarang lebah mencapai 80 cm dengan diameter 50 cm.

“Belum ada laporan dari karyawan dinas PU yang melaporkan terkena sengatan lebah. Namun mereka tidak nyaman, apalagi sarangnya cukup besar,”ujar Ruli.

“Pagi tadi salah satu staff PU melapor ke kami, dan kami lakukan evakuasi pada malam hari. Kami lakukan malam hari untuk mencegah agar tidak menyerang warga,” tambah Ruli.

“Lampu yang ada disekitar juga kita padamkan, jadi lebah tidak berkeliaran,”tambah Ruli lagi.

Sementara, evakuasi sarang lebah yang berada di rumah Masinem (54) Warga Dusun Kebun Agung, Desa Taman Agung berlangsung cukup singkat, kerena posisi sarang lebah mudah dijangkau.

“Evakuasi sarang lebah di rumah ibu masinem hanya berlangsung 20 menit. Cukup singkat, karena sarang lebah mudah dijangkau,”ujar Samin, Anggota Rescue Posko Kalianda.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, tak ada kendala apapun,”tutup Samin. (kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Kami?